You are here

STUDI LABORATORIUM PASCASARJANA PENDIDIDIKAN MATEMATIKA UNY KE UNIVERSITI PENDIDIKAN SULTAN IDRIS, MALAYSIA

Malaysia, Jum’at (6/10/2017), Studi lapangan merupakan salah satu kegiatan mahasiswa dalam melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan di bangku kuliah melalui proses pengamatan untuk memperoleh informasi langsung baik dari lapangan atau universitas lainnya. Universitas sebagai lembaga akademik memiliki peran penting dalam mencetak berbagai tenaga ahli serta orang-orang yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat di lingkungannya. Kemajuan yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Pengaruh yang ditimbulkan dalam bidang pendidikan diantaranya menyangkut sistem pembelajaran baik akademik maupun non akademik, pengaruh antar mahasiswa baik di dalam lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat. Hal-hal ini memberikan pemahaman bahwa pengetahuan mengenai perspektif pendidikan yang menjadi bagian dari universitas lain menjadi sangat krusial. Para mahasiswa akan berkembang dengan lebih baik ketika memiliki pengetahuan, pengalaman, dan wawasan yang luas. Pengenalan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari dapat dilakukan dengan kunjungan ke Universitas yang memiliki karakter dan kondisi yang berbeda dari Universitas asal.

Studi Laboratorium yang dilakukan ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) bertujuan untuk Mengetahui lebih mendalam mengenai trend isu penelitian yang perkembangan di UPSI, mengetahui fokus perkembangan kurikulum yang dijadikan pedoman dalam pembelajaran, dan mengetahui strategi, media pembelajaran, dan teknik penilaian dalam pembelajaran mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Matematika. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00-17.00 WM, bertempat di Kampus UPSI.

Acara dimulai dengan kunjungan ke Perpustakaan Tuanku Banun, UPSI. Dengan dipandu oleh petugas Perpustakaan, mahasiswa pendidikan matematika UNY diajak untuk berkeliling melihat kondisi dan koleksi di perpustakaan yang sangat menarik tersebut. Sekitar pukul 10.00 WM mahasiswa diajak untuk menuju Makmal Penyelidikan Pendidikan. Penyambutan yang dilakukan oleh pihak UPSI sangat menarik, karena mahasiswa juga diajak untuk bereksperimen untuk membuat dan berlomba membuat “kolam art”. Berikut adalah contoh hasil karya “kolam art” yang dibuat oleh tim UNY.

Selanjutnya adalah acara istirahat dan makan siang sampai dengan pukul 15.00 WM, kemudian dilanjutkan dengan sit in ke kelas. Pemaparan yang pertama dilakukan oleh salah satu dosen pascasarjana pendidikan matematika UPSI, Prof. Dr. Nor’ain Mohd. Tajudin. Beliau menjelaskan mengenai penggunaan teknologi dalam mengajar dan belajar matematika, diantaranya yaitu Graphing Calculator dan Geogebra. Pemaparan yang kedua yaitu tentang penggunaan Geogebra dan penggunaan alat peraga dalam matematika.

Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh mahasiswa UNY, Anwar Rifa’i, yang memaparkan tentang proposal tesisnya. “Proposal ini sudah bagus, untuk ukuran 6 sks dari kurang lebih 45 sks yang harus ditempuh mahasiswa UNY, dengan menghasilkan karya tulis yang bagus”, ujar Prof. Dr. Nor’ain Mohd. Tajudin di akhir kegiatan. Acara ditutup dengan sesi foto bersama mahasiswa UNY, UPSI dan juga para dosen.

(Heni Lilia Dewi, S.Pd.)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id